hayat.mansur

Just another WordPress.com weblog

Indahnya Republik BBM

Posted by hayat mansur on April 25, 2006

Tayangan terbaru Republik BBM (Benar-Benar Mabok) Senin Malam (24/4) begitu memikat dan menjadi gambaran real minatur negara ini. Jadi wajar saja tayangan TV ini dilaporkan mendapat rating tinggi mencapai 19,8%. Ini sebenarnya bukan hanya karena isu acara televisi di Indosiar ini akan dibredel, tapi lebih karena acara tersebut hadir dengan Beragam Budaya dan Masyarakat (yang bisa juga disingkat BBM). 

Saat pertama kali menonton langsung acara tersebut di studio Indosiar, terima kasih untuk Bung Wimar Witoelar yang mengajak saya ke studio, saya dan semua penonton tertawa lepas bersama. Pemirsa di rumah juga pasti turut tertawa kecuali yang kena sentil.  

Penyampaian kritik dan saran terhadap kondisi sosial dan politik di negara ini dikemas dalam sebuah wacana yang menonjolkan unsur komedi tanpa melepaskan tema yang pada malam itu mengenai “Habis Terang Terbitlah Gelap”. Betapa tidak menjadi gelap jika melihat data infrastruktur seperti kerusakan jalan di
Indonesia bukan berkurang malah meningkat. Sebaliknya, kekerasan terhadap perempuan malah meningkat bukannya berkurang.
 

Karakter presiden, wakil presiden, para aparatur negara, termasuk masyarakat mendapat penegasan yang benar-benar real dalam tayangan ini. Semua pasti sudah tahu Taufik Savalas, Ucup Keliek, dan Denny Chandra sangat pas melakoni peran presiden, wakil presiden, dan menteri sekretaris kabinet Republik BBM. Pemilihan Effendi Gazali apalagi Wimar Witoelar menjadi penasehat sangat tepat. Dengan humor yang berisi, Bung Wimar seperti biasa mampu menyentil sekaligus menyegarkan acara.   

Tak hanya itu, kehadiran tokoh-tokoh pendukung dari beragam budaya dan masyarakat membuat kami semua menikmati betul acara ini. Peran pedagang buah sangat apik dan pas dimainkan empat mis impian yaitu Dahlia, Lulu, Lisye, dan Ati yang memiliki ukuran badan luar biasa. Dengan masing-masing mis impian berlogat Sumatera, Jawa, Betawi, dan Sunda, ditambah lagi kehadiran Mba Ratna Bantara Murti (direktur LBH Apik) yang serius, Angelina Sondakh dengan pembawaan perempuan penuh citra, penyanyi Edo Kondologit dan rekan-rekan yang berkulit dan berambut khas, serta Tata Dado dan Ginanjar dengan bentuk tubuhnya yang spesial menunjukkan keberagaman budaya Republik BBM. 

Keberagaman budaya dan masyarakat makin semarak dengan kehadiran grup musik Hitrow, Ebit G. Ade, serta Sujiwo Tedjo dan kawan-kawan. Hitrow  membawakan lagu pembuka “Ngobrol di Warung Kopi” dan background musik “Burung Hantu” di setiap sesi acara dengan irama pop dan rock. Sedangkan Ebit sudah tak asing lagi dengan lagu-lagu bertema Balada dan sangat pas membawakan lagu “Perenungan (Bencana) sesuai keadaan negeri BBM. Adapun Sujiwo Tedjo dan kawan-kawan makin menonjolkan kepelangian dengan kostumnya dan lagu “Kalau Aku Jadi Presiden” yang berirama campuran etnik. 

Penampilan mereka sangat harmoni dan begitu menyegarkan karena keberagaman bentuk tubuh, wajah,
gaya bicara, penampilan, budaya, dan tentu saja pakaian. Suasana tambah indah ketika disekeliling mereka tidak hanya monoton satu warna. Ada para mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang dengan jaket kuningnya dan IISIP Jakarta dengan jaket birunya. Lihat foto lengkap

Beragaman budaya dan masyarakat inilah yang membuat kita betah berada di Republik BBM sehingga tak terasa jam tayangnya sampai lebih 40 menit dari jadwal semestinya. Bahkan Bung Wimar Witoelar di Blog pribadinya sampai menyatakan Republik BBM malam itu memecahkan rekor ketawa di Indosiar. Yach, pada akhirnya Republik BBM memang menjadi cermin untuk negeri ini. Beragam Budaya dan Masyarakat inilah yang membuat kehidupan di negeri ini begitu indah dan tidak menjemukan. Lalu mengapa kita harus menghilangkan keberagaman tersebut dengan menjadikannya monoton lewat undang-undang. Tanya Kenapa?

Advertisements

5 Responses to “Indahnya Republik BBM”

  1. wimar said

    Selamat HM!!!
    HM sangat layak mempunyai blog sendiri, sebab anda adalah orang yang berpengetahuan luas dan berpandangan mapan. Sayang rasanya kalau keberadaan HM tidak di-share dalam blog yang memperkaya jaringan kita di blogosphere. Bagus sekali. Jadi sekarang kita bisa menikmati karya HM secara utuh, selain menggunakan bagian-bagiannya dalam produk bersama. Mulai dengan tulisan ini yang saya akan link dari PO, saya harapkan PO dan blog HM akan dapat saling me-;ink.
    Selamat HM, semoga have a lot of fun. Terima kasih.

  2. Welcome to blogosphere! Seneng kalo ada blogger baru, kita jadi bisa tambah banyak input tentang pendapat-pendapat orang-orang biasa yang luar biasa.. 🙂

  3. randy Manurung said

    cuma satu kata saja…..TIdak Gampang meno!!!!!!

  4. Glamour Photography

    awesome stuff

  5. ubinary said

    Which is really interesting, You are a very expert tumblr. We have become a member of your current feed and search forward to be able to seeking excess of the great publish. Also, I have got contributed your site at my web sites

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: